Sebuah Patung Sonic the Hedgehog yang berlokasi di pegunungan Kota Iga di Prefektur Mia telah selesai dipugar oleh anak tertua dari pemilik patung yang sudah meninggal, berdasarkan laporan dari website kantor berita setempat Iga YOU. Pemugaran dilaksanakan dari 8 sampai 10 Agustus setelah sang anak melihat banyak komentar online mengenai kondisi patung yang buruk.

Sebelum
Sesudah

Bagi yang tak mengetahui patung ini, patung Sonic ini pertama kali menjadi sensasi di internet pada 2015 saat seorang premotor memposting di Twitter mengenai penemuan sebuah patung Sonic setinggi 2 meter terpasang di pinggir jalan dalam perjalanannya di pegunungan Iga. Berdasarkan laporan DenFamiNocoGamer, patung Sonic ini langsung menjadi buah bibir para fans Sonic yang berlomba-lomba mencari lokasi akurat dimana patung itu berada dan kenapa patung Sonic tersebut bisa “nyasar”di tengah pegunungan. Lokasi akurat patung tersebut baru saja ditemukan pada 2018. Pada April 2019, patung itu resmi masuk daftar lokasi Google Maps. Sejak itu, patung tersebut telah dikunjungi oleh fans dalam negeri dan mancanegara yang ingin melihat patung unik tersebut. Youtuber seperti TheGamingBeaver bahkan pernah memposting vlog mengunjungi lokasi tersebut secara pribadi dan menceritakan cerita di balik patung tersebut.

Giant Sonic Statue Found In The Woods of Japan! - The Sonic Stadium
Foto Pertama Patung Sonic Misterious

Awal mulanya, patung tersebut adalah patung milik SegaWorld yang hendak ditutup. Patung tersebut dilelang kepada karyawannya, dan dibeli oleh seorang bernama Yuji Kodera, yang bekerja sebagai manager fasilitas hiburan di Prefektur Osaka. Patung itu dipasang di samping pepohonan di tengah pegunungan karena di balik pepohonan itu adalah lokasi rumahnya. Tujuannya sebagai penanda jalan lokasi pintu masuk ke rumahnya. Menurut Yuji, dia melakukan itu karena selain sebagai penanda jalan, dia juga ingin masyarakat sekitar terhibur dengan kehadiran patung unik ini.

Kodera meninggal sekitar tiga tahun lalu, dan selama bertahun-tahun patung tersebut seakan terlantar tak terawat. Karena patung tersebut milik pribadi, pemerintah Jepang tak bisa melakukan pemugaran secara langsung. Pada Februari 2019, Youtuber Badnik Mechanic mengupload video berjudul “The Mystery of The Sonic Statue in The Mountains Revealed” yang menjelaskan cerita mengenai patung tersebut dan kondisi patung itu sekarang. Video tersebut mengispirasi fans untuk mengirim pesan ke Sega untuk “menyelematkan patung Sonic”. Sega sempat menyatakan ketertarikan untuk memperbaiki patung tersebut tetapi karena patung itu bukan lagi milik Sega, pihak Sega juga mendapat kendala untuk melakukan perbaikan.

Baru sekarang patung tersebut akhirnya selesai dipugar oleh pihak pemilik sendiri.Baru sekarang patung tersebut akhirnya selesai dipugar oleh anak pemilik patung sendiri. Berita mengenai pemugaran tersebut dilaporkan oleh seorang pemilik akun Twitter pada Agustus 10 yang memposting foto patung dalam kondisi baru dengan komentar: “Patung Sonic di Takao, Kota Iga telah selesai dibersihkan!”Baru sekarang patung tersebut akhirnya selesai dipugar oleh pihak pemilik sendiri.