File:Animal Talking with Gary Whitta logo.png

Covid-19 memang telah menyebabkan perubahan besar di dalam dunia entertaintment untuk menyelenggarakan acara talkshow. Akibat aturan social distancing dan stay at home yang diterapkan di berbagai negara, banyak acara talkshow terpaksa harus dirumahkan oleh para penyelenggara talkshow karena acara-acara tersebut memiliki banyak penonton di studio yang dapat mengancam keselamatan setiap orang yang terlibat di acara talkshow. Agar acara tetap terus berjalan, berbagai alternatif digunakan untuk memungkinkan talkshow tetap bisa diselenggarakan dan penonton masih bisa menikmati acara talkshow favorit mereka. Berbagai komunikasi seperti Zoom digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh antara host acara dan tamu-tamu yang diundang. Tapi siapa sangka, ada yang menggunakan game Animal Crossing: New Horizons untuk melaksanakan acara talkshow. Ya, saya ulang sekali lagi game Animal Crossing: New Horizons digunakan untuk menyelenggarakan acara talkshow.

Perkenalkan Animal Talking With Gary Whitta. Talkshow virtual pertama di dunia yang dibuat, diproduksi, dan ditayangkan seluruhnya dari dalam sebuah video game.

Apa itu Animal Crossing?

Bagi yang tak tahu, Animal Crossing adalah seri game simulasi sosial yang dibuat oleh Katsuya Eguchi dan Hisashi Nogami, dan dirilis oleh Nintendo. Di dalam Animal Crossing, player memainkan karakter manusia yang hidup di sebuah desa yang dihuni oleh binatang-binatang yang berperilaku seperti manusia biasa. Player dapat melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, menangkap serangga, menanam tanaman, berburu fosil, berdagang, dan mendekorasi rumah. Khusus untuk seri terbarunya, di New Horizons player diberikan satu pulau khusus untuk player desain dan manfaatkan sesuka hati player. Lain dengan game simulasi sosial lainnya, Animal Crossing terkenal dengan menggunakan system real time. Beararti satu hari di dalam game tersebut sama dengan satu hari di kehidupan nyata. Contohnya, bila player memainkan Animal Crossing pada pukul 08.00 WIB, setting waktu pada game tersebut disesuaikan pada pukul 08.00 WIB dimana suasana di game tersebut adalah malam hari.

Pada masa lockdown, game ini telah menjadi laris karena digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kegiatan yang di luar dari apa yang didesain dari game ini, seperti dari sekedar melarikan diri dari kehidupan nyata, alternatif untuk interaksi jarak dekat, kegiatan bisnis, acara kelulusan, pemakaman, pernikahan, LDR, dan bahkan kencan buta. Di Amerika, Animal Crossing telah menjadi best-selling game untuk tahun 2020.

Maka tak heran ada saja yang memiliki ide gila untuk membuat talkshow di dalam Animal Crossing.

Siapakah Gary Whitta dan darimana dia mendapat ide Animal Talking?

Gary Whitta adalah seorang mantan pimpinan editor untuk PC Gamer edisi Amerika Serikat dan Inggris. Tapi dunia lebih mengenal Whitta sebagai seorang penulis naskah film. Whitta adalah penulis naskah untuk film The Book of Eli, juga terlibat dalam pembuatan naskah film After Earth dan Starwars: Rogue One. Di dunia gaming, dia juga terlibat dalam pembuatan Dukem Nukem Forever, Gears of War, Prey dan juga Telltale’s The Walking Dead.

Mengutip dari Newsweek, awal mula ide Animal Talking dimulai dari hobi Gary sendiri sebagai  seorang streamer di waktu luangnya. Pada awalnya Gary hanya menggunakan streaming Twitch untuk sekedar bermain-main.

“Saya mengalami kesulitan untuk mencari identitas untuk channel saya. Saya tidak mau melakukan banyak video gaming, karena semua orang melakukan itu dan saya tak memiliki banyak yang ditawarkan”, jelas Gary. “Tak ada yang mau menontonku bermain golf, mereka mau menonton Tiger Woods. Kenapa anda mau menonton saya bermain PUBG sementara anda bisa menonton Dr. Disrespect atau Shroud atau Ninja, para pemain elit?”

Tapi hal ini berubah saat film The Book of Eli dirilis di Netflix setahun lalu. Versi DVD/Blu-Ray filmnya tidak memasukan bagian komentar, dan Gary, selaku bagian dari pembuat film tersebut, meras bahwa Twitch memberikan kesempatan untuk memberikan informasi behind-the-scenes yang lebih lengkap kepada penonton. Pengalaman ini membuat Gary menjadi aktif di Twitch dengan melakukan wawancara dengan penulis lainnya atau melakukan streaming video reactions. Tapi Gary masih belum menemukan identitas yang tepat untuk Channelnya.

Pengalaman pertamanya dengan seri Animal Crossing dimulai dari versi mobile Animal Crossing, Pocket Camp. Kebetulan juga istrinya, Leah Whitta, dan anak mereka juga fan seri Animal Crossing. Jadi saat Covid-19 melanda, Gary mengambil kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan keluarganya bermain New Horizons bersama.

Setelah bermain selama sebulan dan menyelesaikan main campaign, Gary menyisakan ruangan basement rumah virtualnya dengan mengisi berbagai macam barang. Lalu Gary menemukan kamera video, mic stand, meja dan wallpaper pemandangan malam kota, dan dia menemukan ide bahwa dia bisa membuat sebuah talkshow.

“Nintendo menaruh detail yang luar biasa ke semua objek kecil”, kata Gary. “Dan kita sanggup untuk menaruh semuanya bersama dan menghibur seseorang yang bekerja di The Tonight Show, yang merupakan masa kebanggaanku.”

gary whitta animal crossing new horizons talking
Set panggung Animal Talking dengan Gary Whitta (tengah) dan Adam Nickerson (kanan)

Produksi

Acara Animal Talking di set di pulau Gary yang diberi nama Pulau Kawaii. Gary sebagai pembawa acara, Adam Nickerson sebagai pemain lagu dan editor untuk acara, dan Leah Whitta, istri Gary, sebagai produser eksekutif.

Properti yang digunakan di dalam acara disediakan oleh keluarga Whitta atau hadiah dari para viewer. Camera in-game digunakan untuk shooting, dan menjadi hal yang unik karena camera in-game yang terkunci pada karakter pemain, Gary dan Adam harus terkadang bergerak dan bertukar stream untuk mendapatkan sudut camera yang bagus.

Para tamu acara akan muncul dalam bentuk karakter game. Untuk tamu yang bermain Animal Crossing, mereka dibantu oleh Streamer Kate Stark untuk mendesain kostum yang dipakai. Sementara, untuk tamu yang tidak bermain Animal Crossing, Leah Whitta akan mendesain karakter mereka sesuai pesanan mereka dengan memakai karakter Leah dan mengontrol karakter mereka di dalam game sementara tamu berbicara menggunakan Discord.

Sementara, Adam bertugas sebagai pemutar lagu, editor yang mengedit acara menjadi beberapa video highlight yang diposting ke Youtube dan juga mewakili Gary di beberapa segmen khusus, seperti saat “shooting” di pulau milik Dany Trejo.

Untuk format acaranya, selain wawancara biasa Animal Talking juga membahas kesan para tamu pada game Animal Crossing. Animal Talking juga menyediakan live musical performances, stand-up comedy, dan buka hadiah. Selain itu, juga disediakan segmen sampingan seperti mengunjungi pulau milik tamu dan melihat apa saja yang telah mereka buat disana. Segmen paling terkenal bernama Danny’s Diary dimana Danny Trejo memberikan tur keliling pulaunya kepada penonton. Pada akhir acara, masing-masing tamu diminta untuk ke mic dapat membuat satu candaan, dan candaan terbaik akan ditentukan oleh poling para penonton live.

Respons publik

Acara ini sudah memasuki season keduanya, dan sudah menjadi viral dengan banyak pujian dari berbagai media online. Animal Talking

Acara ini sudah memasuki season keduanya, dan sudah menjadi viral dengan banyak pujian dari berbagai media online. Animal Talking juga dianggap sebagai fenomenal oleh beberap reviewer, karena belum pernah ada talkshow yang dilakukan di dalam sebuah game simulasi.

Talkshow ini juga mengundang ketertarikan oleh beberapa selebriti yang rupanya juga bermain New Horizons. Selebriti ternama seperti Danny Trejo, Elijah Wood, Greg Grunberg, T-Pain, Brie Larson, dan bahkan minggu lalu Selena Gomez juga menjadi tamu di talkshow ini.

Image for post
Danny Trejo (kiri), Elijah Wood (kiri kedua), Gary Whitta (tengah), dan Adam Nickerson (kanan) di season 1 episode 11 Animal Talking

Yang membuatnya berbeda dari Talkshow lainnya adalah karena para tamu tidak merasa seperti menghadiri acara talk show terkadang ada tamu yang muncul dengan pakaian norak, atau muncul dengan pakaian yang sederhana atau terkadang melakukan hal konyol seperti memutar-mutar karakter mereka di atas panggung. Sehingga memberikan suasana yang chill. “Selebriti tidak melihat bahwa kehadiran mereka di acara kami sebagai kegiatan promosi tapi sebagai sesuatu yang seru dan konyol untuk dilakukan, terutama pada masa sekarang”, jelas Whitta.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti Animal Talking bisa mengakses pada link dibawah ini:

Twitch: https://www.twitch.tv/garywhitta

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCgSHm5EbCawxL9Z3JBye2_g