Samurai 8: The Tale of Hachimaru, Vol. 3 (3): Kishimoto, Masashi ...

Setelah sukses besarnya dengan seri Naruto, Masashi Kishimoto kembali dengan karya seri manga terbarunya dengan nama Samurai 8: The tale of Hachimaru. Kali ini kishimoto bekerja sama dengan Akira Okubo sebagai ilustrator. Dikutip dari AnimeNewsNetwork, ide untuk membuat seri Hachimaru sudah tercetus sejak Kishimoto menyelesaikan seri Naruto. Menurut penuturan Jun Takeuchi (pengisi suara anime Naruto) saat membaca komentar dari Kishimoto di Jump Fest’19, seri Samurai 8 adalah kombinasi dari kecintaan Kishimoto pada budaya Jepang dan Sci-fi. Manga ini memiliki 43 episode dan dirilis di Weekly Shonen Jump dari Mei 2019 sampai Maret 2020.

Sinopsis

Samurai 8: The tale of Hachimaru berlatar belakang di sebuah galaksi yang sangat jauh dimana galaksi tersebut dipimpin oleh para samurai yang menyembah Dewa Perang bernama Fudo Myo-o. Lain dari samurai di dunia kita, samurai di dunia Samurai 8 berwujud cyborg yang mampu membentuk pedang laser dari kombinasi antara pedang tulang mereka dan roh mereka, kurang lebih mirip dengan lightsaber di Starwars saga. Mereka memiliki tugas utama melindungi planet-planet yang dihuni umat manusia di seluruh galaksi.

Dengan wujud mereka sebagai cyborg, para samurai memiliki kemampuan untuk bernapas di luar angkasa, melakukan komunikasi digital, membuat proyeksi gambar, melakukan transfer data layaknya sebuah komputer, dan juga meregenerasi kerusakan di tubuh mereka. Jadi, dijamin walaupun seri ini memiliki banyak adegan bagian tubuh terbelah, seri ini tidak akan memiliki gore yang akan membuat pembaca kurang nyaman.

Untuk menjadi seorang samurai di dunia Hachimaru, seseorang mengharuskan memenuhi tiga hal untuk menggunakan kekuatan mereka secara sepenuhnya: Samurai, Juru kunci, dan Putri. Pertama orang tersebut harus menjadi samurai dengan menjalankan ritual seppuku, dimana orang tersebut harus bunuh diri untuk berubah wujud menjadi seorang cyborg samurai. Kedua, seorang samurai harus memiliki juru kunci. Juru kunci adalah hewan peliharaan samurai yang bisa digunakan sebagai rekan bertarung, kendaraan, penyedia peralatan tambahan dan penyedia baju pelindung untuk samurai. Ketiga, samurai harus memiliki seorang putri, yakni seorang pendamping yang memiliki kemampuan untuk memberi “support” kepada samurai saat bertarung. Bila seorang memiliki ketiga hal tersebut atau disebut sebagai Trinity, maka seorang samurai dapat menggunakan kekuatan penuhnya dalam pertarungan. Konsep world-building ini penting untuk dimengerti karena merupakan basis dari keseluruhan cerita Samurai 8.

Cerita dimulai dengan tokoh Hachimaru, seorang bocah yang cacat sejak lahir dan tinggal bersama ayahnya bernama Furuta dan seekor anjing cyborg bersuara kucing bernama Hayataro di sebuah planet. Hachimaru memiliki cita-cita untuk menjadi samurai terhebat di galaksi, tapi kondisinya membuat cita-cita itu mustahil. Untuk bertahan hidup, tubuh Hachimaru harus disambungakan pada mesin “life support” yang dibuat oleh ayahnya sehingga dia tidak bisa keluar rumah sejak kecil. Selain itu, Hachimaru memiliki tubuh yang sangat lemah, hanya bisa mengkonsumsi cairan untuk makan, bergantung pada suntikan infus, dan untuk berjalan saja harus menggunakan tongkat. Akibatnya, aktivitas sehari-harinya banyak dihabiskan dengan bermain game online yang membuatnya menjadi ranking satu di game online tersebut.

Suatu hari, Hachimaru menemukan seekor samurai aliran Kongou-Yasha berwujud kucing buta bernama Daruma. Untuk melihat Daruma menggunakan jurus mind eyes yang membuatnya mampu mendeteksi lingkungannya dan bahkan aura baik dan buruk orang. Daruma mengatakan bahwa dia sedang dalam sebuah misi untuk menyelematkan galaksi. Perbincangan mereka terputus saat rumah Hachimaru diserang oleh seorang Ronin (samurai tak bertuan) yang hendak mengambil “jantung” Hachimaru yang sebenarnya adalah sebuah pedang ternama. Dengan mengancam nyawa ayahnya, Ronin itu meminta Hachimaru untuk melakukan “seppuku” dengan ganti nyawa ayahnya. Yang tak disangka, bola kunci curian yang dibawa sang ronin rupanya merespons dan mengubah Hachimaru menjadi samurai yang membuatnya dapat mengalahkan sang Ronin. Melihat keajaiban yang terjadi, Hachimaru meminta menjadi murid dari Daruma, yang tentunya diterima oleh Daruma.

Pada awal latihan, Hachimaru diajarkan oleh Daruma dasar-dasar menjadi samurai aliran Kongou-Yasha. Dia juga dipertemukan dengan putrinya yang bernama Ann, seorang perempuan pemalu yang sedang belajar menjadi seorang putri. Rupanya bola kunci yang mengubah Hachimaru menjadi samurai adalah milik Ann, sehingga Ann ditakdirkan sebagai putri untuk Hachimaru. Daruma juga menunjukkan identitas sesungguhanya bahwa dia adalah Daruma si serigala tunggal Sasurai yang merupakan seorang samurai legendaris. Untuk menyelamatkan seluruh galaksi, Daruma sedang mencari tujuh kunci untuk membuka “kotak Pandora”, sebuah kotak yang digunakan untuk menyimpan kekuatan Dewa perang Fudo Myo-o. Ketujuh kunci tersebut berwujud tujuh orang yang memiliki kekuatan untuk menjadi seorang samurai. Bila jatuh ke tangan yang salah, maka kotak itu dapat digunakan untuk memusnahkan seluruh galaksi.

Sayangnya, latihan terhambat oleh seorang samurai bernama Ata, yang rupanya merupakan mantan murid terbaik Daruma yang mengkhianati Daruma dengan bergabung kelompok aliran Ususama. Ata juga membongkar identitas Hachimaru dan ayahnya, Furuta. Rupanya Furuta adalah seorang ilmuwan yang bekerja untuk Ata untuk menciptakan tujuh kunci untuk membuka kotak Pandora dengan cara mengkloning “tujuh Hachimaru” dan Hachimaru adalah produk gagal yang hendak dibunuh karena Ata hanya perlu tujuh orang dan Hachimaru saat masa inkubasi menyedot kekuatan para tujuh klon lainnya yang membuatnya ketujuhnya tak punya kekuatan membuka kotak Pandora. Pertarungan maut antara Hachimaru dan kawan-kawannya melawan Ata berakhir dengan tewasnya Furuta. Sebagai janji, Hachimaru berjanji akan mengalahkan Ata untuk membalas kematian ayahnya.

Agar tak mudah dilacak oleh Ata, Hachimaru, dan Ann memutuskan untuk meninggalkan planet asal mereka dan mengikuti Daruma mencari sisa kunci lainnya, dan juga untuk menyelesaikan latihan Hachimaru. Di petualangan mereka, mereka bertemu Kotsuga, seorang pencuri yang rupanya adalah anak seorang klan samurai ternama bernama asli Sanda, dan Ryuu, seorang samurai yang mengalami amnesia dan juga merupakan salah satu “kunci” kotak Pandora. Pertemuan dengan keduanya membawa mereka ke Sen, seorang samurai yang memimpin detasemen anti-kriminal. Pertemuan dengan Sen membawa Hachimaru dan Darum ke Hanaichi, rival Daruma dari aliran Ususama. Sama seperti Daruma, Hanaichi juga mencari tujuh kunci kotak Pandora, tetapi Hanaichi ingin menggunakannya untuk mengalahkan Kala, pimpinan aliran Ususama. Hanaichi sendiri juga sudah memperoleh satu kunci dengan wujud seorang anak perempuan bernama Ichigo yang memiliki kemampuan mind eyes yang hebat.

Juga pada saat Hachimaru menjalankan latihannya, Hachimaru sempat didatangi oleh dewa perang Fudo Myo-o yang menjelaskan kepada Hachimaru mengenai cara alam semesta bekerja dan Kala adalah murid dari Fudo Myo-o yang memiliki ambisi untuk menghancurkan seluruh galaksi. Karena penjelasan yang berbelit, Hachimaru menjadi tak mengerti apa yang sang dewa katakan. Selain itu, Hachimaru dan Ann mulai menjalin hubungan asmara antara keduanya.

Klimaks cerita terjadi saat Ata menemukan lokasi Hachimaru dan melakukan serangan mendadak yang menyebabkan kapal Daruma dan Hanaichi hancur, dan Hachimaru, Ann, dan Hayataro terpisah dari rekan mereka dan harus menghadapi Ata secara langsung. Hachimaru dikalahkan dalam sekejap. Dalamkondisi sekarat akhirnya Hachimaru mengerti apa yang sang dewa perang Fudo Myo-o, lalu mendapatkan “pencerahan”yang membuatnya berubah wujud menjadi seorang dewa. Berkat kekuatan barunya, Hachimaru akhirnya dapat mengalahkan Ata, tetapi dengan bayaran tubuhnya berubah menjadi kunci tulang.

Cerita diakhiri dengan Ann menyimpan kunci tulang dan katana Hachimaru. Ann kembali ke makam Furuta untuk mewakili Hachimaru bahwa dia telah mengalahkan Ata. Ann melanjutkan misi Daruma bersama rekan-rekannya mencari sisa tujuh kunci lainnya

Cerita tentang Space Samurai

Samurai 8: The tale of Hachimaru memang menghadirkan nuansa yang baru bagi penggemar Kishimoto dan karya-karya seninya. Samurai 8 memiliki world-building yang baru dan sangat menarik. Seri ini merupakan gabungan antara sci-fi luar angkasa, cyberpunk, dan genre samurai tradisional. Dengan demikian, Samurai 8 bisa dinikmati oleh pembaca generasi muda yang merasa bosan dengan seri-seri samurai tradisional. Adegan-adegan pertarungan khas Naruto yang penuh dengan kejutan dan ketegangan juga bisa dinikmati di Samurai 8. Perkembangan karakter juga dibuat dengan baik. Tiga tokoh utama dalam cerita yaitu Hachimaru, Daruma, dan Ann melalui proses perkembangan karakter yang bagus dan pas dengan karakter masing-masing yang akan membuat kita bernostalgia dengan perkembangan karakter yang terjadi di Naruto.

Alur cerita yang terlalu terburu-buru

Kekurangan terbesar dari Samurai 8 adalah karena batas episode yang sudah ditetapkan. Kishimoto mengatakan dia tidak berminat untuk membuat seri Samurai 8 sepanjang Naruto. Alhasil, jalan cerita terkesan dibawa secara terburu-buru dan meninggalkan banyak tanda tanya sepanjang cerita. Dunia Samurai 8 yang baru dan sangat menarik tidak dieksplorasi lebih jauh seperti di Naruto. Dan karakter-karakter pembantu lainnya juga tidak dieksplorasi lebih jauh, seperti contohnya latar belakang Daruma yang membuatnya berubah menjadi seekor robot kucing, dan apa yang membuat Ata membelot ke aliran UsusamaBelum lagi, cerita diakhiri dengan cliffhanger yang membuat pembaca akan bertanya-tanya akan banyak hal yang terjadi sepanjang cerita. Bagaimana Hachimaru akan melindungi Ann dengan wujud dewanya? Bagaimana Ichigo akan menjadi samurai? Apakah Ryuu akan menemukan masa lalunya? Apakah Sanda akan menjadi samurai? Bagaimana dengan masa lalu Daruma dan apakah dia bisa kembali ke wujud semulanya? Apa rencana Kala selanjutnya setelah kehilangan Ata? Lalu bagaimana Ann dan kawan-kawannya mengumpulkan sisa-sisa kunci yang masih dilacak? Dan banyak lagi hal lainnya yang sengaja dibiarkan menggantung hanya karena keterbatasan episode. Diharapkan Kishimoto masih berminat melanjutkan seri Samurai 8 karena akan sangat disayangkan cerita yang memiliki potensi begitu besar dibiarkan terbengkalai.